Bisnis Introduction part. 5

by agusnuramin

sumber gambar : google.com

Hal yang berbeda antara organisasi dan manajemen adalah organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut,

Mengapa manajemen selalu dibutuhkan dalam aktivitas kita? karena manajemen merupakan elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen yaitu :

  1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
  2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
  3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha

Manajer adalah orang yang bertanggung jawab terhadap proses manajemen agar selalu berjalan dengan baik. Manajer yang efektif dan efisien pada dasarnya dapat dipengaruhi dua faktor yaitu manajemen dan seni. Agar efektif dan efisien manajer harus menguasai ilmu manajemen dan bakat memimpin yang baik. Manajer yang efektif dan efisien adalah Able to accomplish a purpose, can get the best result, Capable of producing an intended result, Being effective without wasting time or effort or expense, Proper or appropriate to do, Working productively with minimum wasted effort or expense.

faktor-faktor penting yang mempengaruhi motivasi adalah:

1. kebutuhan pribadi

2. tujuan dan persepsi individu atau kelompok

3. cara untuk mewujudkan kebutuhan, tujuan dan persepsi tersebut.

Demikianlah uraian singkat diatas. Semoga ini semua ada manfaatnnya bagi kita semua. amin
sumber :

  • Umar, Husein. 2000. Business an Introduction. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
  • M. Fuad. 2000. Pengantar Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
  • id.wikipedia.org/wiki/Manajemen#Fungsi_manajemen